07 February 2009

Etika di Dunia Maya

Kemarin buka email di Yahoo. Udah satu minggu lebih ga buka email. Akhir-akhir ini jadi agak males membukanya, padahal itu email kesayangan. Begitu buka, astaga, ada 10 ribu email lebih. Kebanyakan sih dari milis yang ku ikuti, dan itu bukan masalah, karena emang aku yang daftar. Yang nyebelin tuh banyak email dari orang yang tidak dikenal. Ada yang nawarin PTC lah, uang panas, bisnis pulsa, affiliasi yang ga jelas. Padahal aku ga pernah mendaftar di newsletter mereka. Lebih parahnya lagi, sebagian ada yang dikasih embel-embel INI BUKAN SPAM. Padahal udah jelas-jelas mereka kirim email dengan cara tidak sopan.

Tidak hanya itu, YM pun juga jadi sasaran. Ada yang tanpa hi ato salam, langsung nawarin barang. Harga obral, info lebih lengkap buka blabla.multiply.com. Kemarin ada yang lebih aneh lagi. Tanpa salam juga langsung nanya, emailku dah nyampe blom? Kutanya balik dong, email yang mana? Subjectnya apa biar mudah nyarinya. E, bukanya dijawab malah langsung sign out. Aneh kan?

Apa untungnya sih bikin sebel orang. Bukanya dapat relasi, tapi malah di black list. Kalau mau promosi kan banyak cara yang lebih sopan dan tidak mengganggu orang lain. Kalo tulisan bagus dan berbobot, pasti banyak yang daftar di newsletter nya. Jangan kirim email ke orang-orang yang tidak dikenal, main keroyokan lagi. Jadi satu email dikirim ke banyak orang sekaligus. Kalo belum bisa nulis bagus, seperti saya ini yang masih newbie, kan bisa join di milis-milis. Kalo mau promosi juga sudah jelas ditentukan harinya. Atau bisa juga join di forum. Bisa nambah teman, nambah pengetahuan juga bisa promosi.

1 comments:

Anonymous said...

saya ikut prhatin,hehe...itulah wajah bisnis online kita, kalau di dunia nyata aja kita sering ga mikirin orang lain, yang penting untung sendri, apa lagi di internet...sabar aja ya :)

Shoutbox


ShoutMix chat widget

Artikel Terkait

Template by Abdul Munir | Blog - Layout4all