24 September 2008

Affiliate Marketing

Bagi pelaku bisnis online, affiliate marketing pasti bukan hal yang asing lagi. Program ini memungkinkan kita untuk berjualan meskipun tidak memiliki produk sendiri. Ada 2 pelaku di affiliate marketing, yaitu Advertiser atau disebut juga Merchant, dimana merchant merupakan pihak yang memiliki barang/jasa yang dipasarkan melalui internet. Dan publisher atau affiliate mareketer atau disebut juga affiliater adalah pihak yang membantu merchant untuk memasarkan produknya dan akan menerima komisi dari merchant bila mereka mampu mendatangkan pengunjung ke website merchant, dimana pengunjung tersebut melakukan tindakan yang diinginkan merchant. Seperti mengisi form suscriber, atau melakukan penjualan atas barang atau jasanya.


Apakah affiliate marketing ini mudah? Menurut saya, bisa mudah, juga bisa tidak. Mudahnya, kita hanya tinggal mendaftar, kemudian meletakkan banner atau link dari merchant tersebut di blog atau website kita. Bila ada orang yang membuka nya dan "take action", kita dapat komisi. Mudah kan, hanya naruh banner, ga perlu produk sendiri, udah bisa dapat penghasilan. Tapi yang menjadi PR besar, bagaimana untuk mendatangkan orang yang membuka banner atau link tersebut? Nah, ini menuntut kepandaian kita untuk promosi dan mengatur strateginya. Kita bahas lain waktu saja ya. Kali ini saya hanya ingin mereview tentang keuntungan kita bila menjadi affiliater.

Mengapa affiliate marketing ini menurut saya menarik? Berikut pertimbangannya :
  • Faktor Biaya
    Untuk menjalankan bisnis ini, biaya nya relatif kecil dan bisa dibilang nol (selain koneksi internet), karena kebanyakan merchant bisa menerima affiliater dengan free join alias gratis, bahkan kita dibekali dengan berbagai tool dan duplikasi website untuk menjalankannya.

  • Bisa memilih produk
    Ada banyak ribuan produk yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita untuk memasarkannya.

  • Tidak membutuhkan stock
    Dengan affiliate marketing, kita tidak perlu menyetock barang. Jadi kita tidak perlu memusingkan gudang untuk menyimpan barang juga dana untuk membeli barang.

  • Tidak membutuhkan karyawan
    Kita bisa bekerja sendiri, tidak memerlukan bantuan karyawan. Tidak butuh customer service, kasir, accounting, bagian produksi atau gudang. All by ourself. Yang kita butuhkan hanya menjual dan menjual.

  • Two Tier Affiliate Marketing
    Ini yang paling menarik dari affiliate marketing. Beberapa merchant ada yang menawarkan "two tier", dimana kita bisa mendapat komisi meskipun kita tidak melakukan penjualan langsung. Disini misalkan anda mereferensikan merchant A kepada teman, dan teman anda bersedia untuk join. Bila teman anda melakukan penjualan, anda pun juga akan menerima komisinya.

  • Pasar yang Luas
    Dengan internet, informasi bisa tersebar keseluruh pelosok dunia dalam hitungan detik. Itulah mengapa internet menjadi media yang effective untuk pemasaran. Kita memiliki pasar yang luas, seluruh dunia, tidak terbatas oleh negara manapun.

  • Resiko kecil
    Resiko untuk menjalankan affiliate marketing relative kecil. Taruhlah anda gagal menjalankan bisnis ini, paling kerugian anda hanya waktu, dan biaya koneksi internet.

  • Waktu kerja yang tak terbatas
    Kalau perusahaan pada umumnya untuk Indonesia paling 8 jam kerja sehari, 5 atau 6 hari dalam seminggu. Belum nanti kalau tanggal merah. Untuk bisnis di internet, kita bisa menjalankannya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365/366 hari setahun. Tanpa libur. Meski kita tidur, kita liburan, bisnis tetap bisa jalan, karena diluar sana, orang online di internet juga non stop, pasti selalu ada.


Itulah mengapa, saya tertarik dengan affiliate marketing. Saya sendiri juga masih baru dibisnis ini, masih hitungan bulan, jadi masih belajar juga. Ada berbagai trik dan strategy untuk menjalankanya, yang saya dapat dari senior. Kalau memang memberikan hasil, pasti saya gak akan pelit untuk berbagi ilmu. Tunggu aja dipostingan berikutnya.

Untuk yang mau menambahkan, apa aja keuntungan affiliate marketing ini, monggo, ditunggu komentarnya.

2 comments:

Anonymous said...

alasan yang pertama dan yang terakhir membuat saya tertarik buat coba2 affiliate marketing :D

blog walking ...

viky belajar bisnis online said...

thanks info ttng affiliate marketing nya!!!

Shoutbox


ShoutMix chat widget

Artikel Terkait

Template by Abdul Munir | Blog - Layout4all